Kenapa Twitter Hanya 140 Karakter




Twitter, sebuah social media yang kita sudah tahu keberadaannya dari tahun lalu terkenal dengan minimnya karakter yang diperbolehkan untuk post. Kenapa? Why? Padahal hidupkan tidak terbatas 140 karakter. Usut punya usut ternyata hal ini telah menjadi perdebatan panjang semenjak tahun 2009 lalu sampai sekarang. Dan beberapa situs pun akhirnya membuat twitter yang panjang disebut twitlonger.

Yang jelas untuk sekedar 140 karakter ternyata tidak cukup untuk kita yang terkadang membutuhkan sesuatu yang panjang. Namun selidik punya selidik, saya akhirnya menemukan kenapa twitter harus 140 karakter. Ternyata awal dari 140 karakter itu adalah twitter itu dulunya diimplementasikan untuk mobile, yang mana panjang karakter SMS yang kita ketahui maksimal 160 karakter. Nah, ternyata twitter membuat panjang 20 karakter untuk sebagai variabel username twitternya, sehingga 140 + 20 = 160 karakter. Inilah awal mula kenapa harus 140 karakter. Selain itu juga ternyata hal ini berguna untuk short link, seperti bit.ly agar kita tidak terlalu panjang mengisikan karakter link ke dalam posting twitter.

Mungkin suatu ketika di masa depan akan ada cara agar 140 karakter ini bisa lebih lagi. Sudah malas saya lama-lama membaca kultwit sampai belasan, puluhan bahkan sampai 100 twit. Mungkin ada baiknya para developernya memikirkan bagaimana hidup tidak terbatas 140 karakter di masa depan nanti. Paling tidak dengan adanya keterbatasan tersendiri versi text-nya (SMS) yang hanya punya batas 160 karakter itu.

sumber : here

"140 Karakter ibarat kolam yang kecil, namun kita tak dapat mengukur kedalamannya" ~ Imam Mahmudi



1 comments:

samodro mengatakan...

terimakasih Pak, infonya