Blog: Sosial Media Independen dan Tak Tergantikan



Apa yang Anda pikirkan ketika pertama kali mendengar istilah kata blog atau weblog? Ada 2 hal, yaitu menulis dan internet. Munculnya blog pada awal 2000-an merupakan awal dari sebuah evolusi web yang luar biasa. Yang bisa saya dapatkan ide dari blog sendiri awalnya untuk menggeser fungsi dari sebuah Personal Website. Kalau dalam personal website kita (terutama orang awam) harus menyewa seorang programmer untuk membuat sebuah halaman website, maka dengan blog hal itu tidak perlu. Apakah dengan ini berakhirnya era programmer membuat personal web, bisa jadi tapi sekalipun begitu masih ada koq orang yang menyewa programmer web untuk membuat personal web site, selain company web. Dengan engine seperti blogspot, wordpress, posterous anda tidak perlu jadi programmer untuk bisa membuat sebuah blog, bahkan anda hanya tinggal konfigurasi lalu posting. Baik anda sedang mobile ataupun online.

Blog inilah yang kemudian menjadi sebuah social media independen. Kenapa saya sebut demikian, sebab seorang yang mempunyai blog bisa mengatur policy terhadap blog yang dia kelola. Seperti copyright ataupun syarat-syarat yang lainnya. Bisa juga untuk berdiskusi, posting album foto, atau bahkan seperti layaknya media masa lokal yang memposting berita-berita hangat terkini.

Orang salah sangka kalau menyebut bahwa situs-situs social network seperti facebook, twitter, plurk dan lain-lainnya akan menggantikan blog. Tidak, blog tidak bisa digantikan oleh situs jejaring sosial. Memang keunggulan situs jejaring sosial adalah soal mobilitas. Yang mana orang akan dengan mudah memposting sesuatu dari mana saja, kapan saja tanpa terhambat oleh hal-hal seperti ide, gagasan dan kalimat yang mana apabila kita memposting sebuah blog masih memikirkan hal tersebut. Bisa saja sebenarnya kita memposting quote-quote di blog kita, atau bahkan hanya satu kalimat saja, tanpa judul. Tapi hal itu akan membuat fungsi blog tidak sesuai pada tempatnya.
Sebagai sosial media blog bisa berguna apabila seseorang ingin memandang sebuah fakta yang terjadi di masyarakat. Sebagai contohnya adalah soal pro dan kontra yang terjadi ketika UU ITE ataupun UU Pornografi ditetapkan. Banyak yang kontra, banyak juga yang pro. Kita tidak bisa menyalahkan siapapun yang pro dan kontra. Nah, dengan blog ini orang-orang yang mempunyai pendapat, yang mempunyai gagasan-gagasan dan ide memposting sesuatu di blog mereka sehingga ketika kita blog walk ke blog-blog tersebut maka kita akan menemukan ide, gagasan dan opini yang beragam. Sehingga kita tidak terpaut kepada media massa yang mana media massa itu bisa saja dikendalikan oleh orang-orang yang punya niat buruk dan tidak objektif.

Keunggulan lainnya dari sebuah blog adalah masalah pendapat atau ide pribadi. Sebagaimana seseorang memberikan pendapat atau opininya. Tanpa opini pribadi, maka sebuah blog rasanya hambar. Sebagaimana seseorang yang memanfaatkan blog untuk kebutuhan komersial, maka jangan harap anda dapatkan opini pribadinya terhadap apa yang dia postingkan. Banyak juga koq blog-blog yang seperti ini. Bahkan terkadang ia hanya copy-paste dari blog lain, forum seperti kaskus ataupun dari situs-situs yang lain, entah berbahasa Inggris ataupun Indonesia. Yang parah adalah mereka sengaja membuat blog dengan isi cerita dewasa untuk kebutuhan komersil. Atau yang kurang lebih sama adalah blog yang isinya hanya menghujat atau menjelek-jelekkan orang lain.
Blog juga bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin belajar. Seperti belajar fisika, komputer, bahasa, agama dan lain-lain. Ada banyak blog yang berisi hal-hal seperti itu dan tentu saja blog yang seperti ini sangat besar manfaatnya, apalagi yang menulis adalah seorang guru besar misalnya. Dan hal ini tentu saja tidak bisa kita dapatkan dengan hanya mengikuti twitter seseorang, facebook mereka ataupun yang lainnya. Dari 68% postingan yang saya dapatkan di situs jejaring sosial, kebanyakan yang mereka posting adalah status mereka saat ini. Misalnya sedang makan, jalan-jalan, belanja dan sebagainya. Hal ini tidaklah bermanfaat bagi sebagian orang, apalagi bagi orang yang ingin mendapatkan informasi, ide atau gagasan terhadap sesuatu. Memposting sesuatu yang positif di sebuah blog bisa membuat orang itu mendapatkan manfaat, dan orang yang memposting juga akan mendapatkan manfaat yang besar.

Jangan lupa memberikan terima kasih dengan menuliskan komentar di blog orang tersebut apabila anda benar-benar mendapatkan manfaatnya. Lalu jangan pernah meng-copy tanpa ijin apapun yang ada di dalam blog seseorang. Seseorang bisa saja memakai copyright atas apa yang ia tulis ataupun yang ia unggah ke dalam blognya. Adalah sangat tidak etis ketika kita harus memakai baju orang lain tanpa ijin. Dan yang terakhir jangan lupa untuk update blog, menulis apapun yang ada di benak kita, jangan pikirkan traffic ataupun pengunjung. Apabila anda suka menulis, terlalu banyak ide dan gagasan yang ada di otak anda dan anda tahu internet, maka blog adalah salah satu solusi untuk mengejawantahkan itu semua.

Source: here

0 comments: