Pentingnya Sebuah Komunitas Blogger




Pentingnya dibentuk sebuah komunitas blogger telah teruji, dan semakin diminati oleh teman-teman di berbagai daerah. Mereka yang awalnya ngeblog hanya di blognya masing-masing, kini mulai bergabung dalam sebuah komunitas blogger. Bersama-sama mempublikasikan potensi daerahnya, dan memberitakan kepada dunia, tentang potensi unik yang dimiliki oleh daerahnya masing-masing.

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas bloggertersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat atau kopdar atau ketemuan di dunia nyata. Mereka biasanya memiliki blog sendiri dan menjadi blogagregator bagi para anggotanya.

Dengan adanya komunitas blogger terjadilah keragaman informasi dari antar sesama blogger, sehingga tak salah bila tahun 2010 ini, panitia pesta blogger 2010 yang dipimpin oleh mbak rara mengambil tema tentang “merayakan keragaman”.
Bagi saya yang sudah tiga tahun lamanya menjadi seorang blogger (semenjak tahun 2007), bergabung dalam sebuah komunitas blogger sangat baik manfaatnya. Selain memahami karakter setiap orang, kita bisa belajar dari mereka yang tidak berada dalam satu profesi.
Sebuah contoh, dalam komunitas blogger bekasi yang saya ikut di dalamnya sebagaipenasehat bersama mas amril, saya yang berprofesi sebagai seorang guru merasakan benar keragaman dari berbagai profesi yang digeluti oleh teman-teman blogger. Ada yang menjadi dosen, dokter, diplomat, pengusaha, dan berbagai profesi lainnya.

Dari keragaman profesi itu, misi kita sama yaitu bagaimana agar kota bekasi dikenal di ranah maya dan menjadikan kota bekasi menjadi kota cyber space bagi para penduduknya. Tentu hal ini bukanlah pekerjaan mudah, dan dengan didukung oleh admin kompasiana.com, lahirlah sebuah komunitas baru yang bernama komunitas blogger bekasi.com yang lahir pada tanggal 17 Agustus 2009. Para penggagas lahirnya komunitas ini adalah para kompasianers yang aktif ngeblog di kompasiana.

Dari hasil kolaborasi itu, kami berhasil melakukan berbagai kegiatan penting dan dahsyat yang banyak ditiru oleh para komunitas blogger lainnya.
Kegiatan penting yang tak pernah saya lupakan adalah pertemuan teman-teman blogger dari seluruh Indonesia. Betapa senangnya bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah, dan kami semua menyatu di asrama haji bekasi. Saling berbagi pengalaman, dan bercerita tentang apa yang sudah dilakukan di daerah kami masing-masing.

Di blog keroyokan kompasiana ini, banyak berkumpul teman-teman blogger yang rata-rata aktif dalam komunitas bloggernya. Tak salah bila kompasiana.com di usianya yang relatif muda sudah cepat sekali eksis dan dikenal luas di ranah maya. Peringkat kompasiana pun terus naik dan menduduki posisi ke-88 menurut informasi dari situs alexa.com yang saya lihat pada tanggal 9 Oktober 2010.

Bagi saya, pentingnya sebuah komunitas blogger di daerah telah membawa perubahan besar dalam dunia blog di Indonesia. Tak salah kiranya bila media arus utama akan dikalahkan oleh media sosial blog yang terdiri dari para komunitas blogger itu. Adanya kegiatan pesta blogger yang ketiga di yogyakarta pada tanggal 9 Oktober 2010, menandakan telah semakin sadarnya para blogger untuk menyatu dalam sebuah komunitas blogger.

Pentingnya sebuah komunitas blogger di setiap daerah, akan melahirkan berbagai kreativitas kegiatan yang membuat dunia blog semakin dikenal dan ramai diminati oleh para generasi muda yang ingin potensi daerahnya mencuat ke permukaan. Sebab banyak berita atau informasi yang tak terjangkau oleh media arus utama.

Saya ucapkan selamat kepada teman-teman komunitas blogger yang telah berhasil melaksanakan berbagai kegiatan positif di daerahnya masing-masing. Sebagai informasi atau rujukan teman-teman blogger yang saya dapatkan dari http://www.ayongeblog.com/komunitas-blogger/, telah terbentuk beberapa komunitas blogger di bawah ini:

Komunitas Blogger Daerah

Aceh – Aceh Blogger Community
Bali – BBC
Bandung – Batagor
Bandung – BBV
Banjarbaru – Banjarbaru Blogger Community
Banten – Komunitas Blogger Banten
Batam – Batam Blogger Community
Bekasi – bloggerbekasi.com
Bogor – blogor.org
Cirebon – Blogger Cirebon
Depok – deBlogger
Garut – Blogger Garut
Gorontalo – Tumbilotohe
Jakarta – Bunderan HI
Jakarta – Kopdar Jakarta
Jogjakarta – Angkringan Jogja
Jogjakarta – CahAndong
Kab. Kuantan Singingi Riau – Kuansing Blogger Community
Kalimantan Barat – Borneo Blogger Community
Kalimantan Selatan – Kayuh Baimbai
Kalimantan Timur – Kaltim Bloggers United
Kalimantan Timur – Mahakam
Ketapang Kalimantan Barat – Kayong Blogger
Lampung – Seruit
Makassar – Anging Mammiri
Malang – Blogger Ngalam
Mojokerto – Blogger Mojokerto
Ngawi: Kota Ngawi
Padang – Palanta
Palembang – Wong Kito
Palu – Nosarara
Ponorogo – Kotareyog
Semarang – Loenpia
Serang – Serang Photo Blog
Solo – Bengawan
Sorowako – Baris Kroni Blogger Dengen
Subang – Komunitas Blogger Subang
Sumatera Utara – BloggerSUMUT
Surabaya – Tugu Pahlawan
Tangerang – KBBC
Wonogiri – BloWn


Demikianlah beberapa hal teranyar yang ingin saya sampaikan dalam postingan saya kali ini. Betapa pentingnya seorang blogger menyatu dalam sebuah komunitas. Ibarat sebuah lidi, maka dia akan semakin kuat bila telah bergabung dalam sebuah sapu lidi.
Di blog keroyokan seperti kompasiana ini, saya pun sudah membuktikan bahwa mereka-mereka yang komitmen dan konsisten dalam membesarkan kompasiana.com pastilah akan mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa dalam hidupnya. Salah satu manfaat yang terasakan adalah kita bisa saling berhubungan dan berbagi. Kita pun akhirnya memiliki teman yang banyak dari berbagai daerah, dan juga teman-teman yang bermukim di luar negeri. Jauhnya jarak serasa dekat dengan adanya blog kompasiana ini. Di blog kompasiana ini, kita bisa saling berbagi pengalaman dan pengetahuan.
Mari kita satukan langkah, untuk memajukan negeri ini melalui dunia maya. Saya baca postingan pak Chappy Hakim yang terbaru, tentang hubungan malaysia dan Indonesia yang semakin renggang di http://sosbud.kompasiana.com/2010/10/08/hubungan-indonesia-malaysia-menurut-salim-said/. Adanya komunitas blogger, membuat saya semakin yakin kalau kita sebagai bangsa bisa lebih baik dari negara malaysia. Hal itu bisa menjadi kenyataan, bila kita mau bersatu dan berbagi informasi dalam sebuah komunitas blogger yang kuat.

Sumber:
- http://media.kompasiana.com/group/new-media/2010/10/09/pentingnya-sebuah-komunitas-blogger/

- wijayalab.com

0 comments: