Sukses Menekuni Usaha Sambil Kuliah

Cara sukses menekuni bisnis sambil kuliah - "Saat dalam situasi belajar Anda di kuliah dan bisnis Anda dapat terbagi seimbang, maka prestasi akademik di bangku perkuliahan dan bisnis sampingan Anda bisa tumbuh secara bersamaan."

Siapa bilang menekuni usaha sambil belajar di bangku kuliah itu merepotkan? Masih banyak yang berpikiran bahwa merintis sebuah usaha di bangku perkuliahan hanya akan mengganggu konsentrasi belajar. Pola pikir seperti ini kurang tepat, jadi tidak ada salahnya jika kita dari sekarang memulai memperbaiki mindset para mahasiswa.

Mahasiswa lebih bangga bila menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) maupun tenaga kerja profesional di perusahaan-perusahaan besar, dibandingkan memilih terjun di dunia usaha dan menjadi seorang entrepreneur muda. Paradigma ini tentunya sangat memprihatinkan. Tidaklah heran bila sampai hari ini
angka pengangguran sarjana di Indonesia jumlahnya terus bertambah.

Karena dari itu untuk membangkitkan
motivasi bisnis bagi para mahasiswa. Saya memberikan beberapa langkah sukses memulai usaha sambil kuliah yang bisa dicoba bagi para pemula yang masih berstatus sebagai mahasiswa.menjadikan mental entrepreneur atau pengusaha



Langkah awal yang penting untuk dijalankan bagi para mahasiswa yaitu:

1. Menjadikan mental entrepreneur dalam diri.
Meskipun masih berstatus sebagai mahasiswa, namun jangan pernah minder atau takut untuk terjun di dunia usaha. Sebab, pada dasarnya semua bidang bisa Anda pelajari dari nol, termasuk ketika belajar berwirausaha sejak duduk di bangku perkuliahan. Mulailah dengan memperkaya ilmu dan skill Anda melalui buku, majalah bisnis, mengikuti mata kuliah kewirausahaan yang ada di kampus Anda, mengikuti club maupun forum kewirausahaan di tempat kuliah Anda, mengikuti berbagai macam seminar maupun pelatihan bisnis yang ada di Indonesia, serta memperluas networking dengan bergaul di lingkungan para pengusaha muda.

2. Tentukan peluang bisnis yang sesuai dengan modal
Ketika mental Anda sudah mulai terbangun, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih jenis usaha yang sesuai dengan modal Anda. Tentunya tidak hanya berupa materi saja, namun juga meliputi modal skill, modal passion (hobi), waktu luang, dan lain sebagainya. Contohnya saja seperti menjadi reseller produk, menjadi penulis artikel, membuat beragam jenis aksesoris (seperti kerajinan flanel, kain perca, manik-manik, kerajinan sulam, dll), memproduksi coklat, camilan, atau aneka macam makanan ringan, bisnis pulsa berjalan, menyediakan jasa penerjemah, jasa les privat, jasa servis komputer maupun handphone, jasa rental komputer, jasa pembuatan website, serta masih banyak lagi peluang bisnis mahasiswa lainnya yang dapat membuat kita sukses dalam mendapatkan penghasilan dari usaha bisnis yang kita tekuni dan penghasilan kita bisa bertambah dan kita tidak hanya mengandalkan pemberian dari orang tua saja.

3. Bagi waktu Anda sebaik-baiknya
Tentunya sebagian besar waktu seorang mahasiswa akan tersita di bangku perkuliahan dan sibuk dengan mengerjakan tugas-tugas kuliah yang setiap harinya menumpuk di meja belajar Anda. Meski demikian tidak menutup kemungkinan dapat merintis usaha kecil-kecilan di sela-sela jadwal kuliah Anda setiap hari. Yang terpenting adalah bijak dalam membagi waktu. Pisahkan waktu belajar dengan waktu luang untuk merintis usaha. contoh ketika hari-hari kerja, gunakan waktu pagi hingga sore untuk fokus mengurus segala hal yang berhubungan dengan kuliah. Sedangkan pada waktu malam hari atau pada hari libur, optimalkan tenaga dan pikiran Anda untuk menciptakan ide kreatif agar dapat mengembangkan bisnis sampingan yang Anda rintis. jika waktu Anda bisa terbagi secara seimbang, maka kuliah dan bisnis Anda pun bisa berjalan seimbang, dalam arti bisnis lancar dan kuliah tidak terganggu.

4. Aktif berpromosi di lingkungan sekitar
Untuk mendukung perkembangan bisnis yang telah dijalankan, sebaiknya Anda mulai berpromosi di lingkungan sekitar Anda. Contohnya saja dengan menginformasikan produk atau jasa Anda kepada teman-teman kuliah, teman kost, keluarga, saudara, dosen-dosen Anda, atau mempromosikan bisnis tersebut melalui situs pertemanan online seperti facebook, twitter, blog, google plus, dan lain sebagainya.
5. Action dari sekarang
Setelah yakin dengan persiapan dan kemampuan yang Anda miliki, kini tidak ada alasan untuk menunda-nunda rencana bisnis yang telah dibuat dan segera merealisasikannya untuk mendapatkan penghasilan di dalam usaha yang akan Anda jalankan.

Semoga informasi tips motivasi bisnis yang telah saya sampaikan pada artikel kali ini bisa memberikan tambahan semangat bagi para pembaca, dan menginspirasi seluruh mahasiswa di Indonesia untuk mau belajar dan memulai berkarya menciptakan peluang kerja dan peluang usaha sebanyak-banyaknya, demikian artikel pada kesempatan kali ini mengenai cara sukses menekuni bisnis sambil kuliah, semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi buat teman-teman mahasiswa, dan jangan lewatkan juga artikel saya yang lainnya mengenai cara sukses belajar di perguruan tinggi, yang sangat berguna bagi teman-teman yang masih duduk di bangku kuliah. /
tipsdanbelajar.blogspot.com

http://www.belajarwirausaha.com/2012/08/sukses-menekuni-usaha-sambil-kuliah.html 

1 comments:

BRC Laku.com mengatakan...



Salam Blogger Indonesia, jika anda gemar menulis di blog serta memiliki waktu luang, ikutilah Blog Review Competition 2012 By Laku.com dengan Hadiah Total 16 juta Rupiah untuk 20 pemenang. Jadi kesempatan menangnya sangat besar lho.

Rincian Pemenang:
Pemenang I: Uang tunai Rp. 5.000.000
Pemenang II: Uang tunai Rp. 3.000.000
Pemenang III: Uang tunai Rp. 1.500.000
Pemenang 4-10: Uang tunai Rp. 500.000
Pemenang 11-20: Uang tunai Rp. 300.000

Silahkan daftarkan artikel blog anda di Blog Review Competition 2012 By Laku.com